Cara Singkat Photoshop Membuat Digipaint

Cara sederhana ,.. Yang biasa ane gunakan untuk shading dalam membuat digipaint


Jangan tanya ini gambar apa,..pacman emotikon pacman emotikon,.. Disini ane cuma mencontohkan,..

 1 - buat sketsa,.. Disini kita bisa membuat langsung di dokumen kosong menggunakan brush,...
Cara lainnya bisa buat dikertas dulu,.. Kemudian di scan... Atau di captur pake kamera hape,.. Atau kamera apa lah,.. Kemudian baru di edit menggunakan photoshop
Atauuu,.. Juga bisa menggunakan referensi model ( banyak di da )
Jadi disini kita akan mengambil posenya saja. Caranya: gunakan brush dan coret mengikuti garis pada foto model,..seperti membuat line art,.. Seudah rasanya cukup,..layer modelnya bisa di hapus,..karena kita cuma ngambil posenya,..
Referensi model untuk painting,biasanya cuma pake bikini,.atau pakain yang msangat minim pacman emotikon,..jadi disini kita akan mendesain pakaiannya supaya terlihat lebih bagus,..
Atau biasanya juga berupa modeling 3D,..juga bisa di cari di DA,.. Atau yang mau render pose sendiri,..bisa menggunakan poser pro,..blender.. 3dmax,.c4d,..dll,..tapi ane sendri biasanya cuma make referensi yang udah jadi,.karena komputer ane nggak kut buat render,... Wkwkwk
Seudah sketsa nya selesai,..masuk ketahap selanjutnya,..

2 membuat warna dasar
Disini kita bisa menggunakan brush.. Untuk dasarnya,.. Gunakan hardnes sekitar 95,..ini nggak terlalu lebut,..juga nggak terlalu kasar,..atau bisa di sesuaikan seberapa besar dokumen yang dierjakan.dan bagaimana bentuk yang diinginkan.
Atau cara lainnya,..bisa mengunakan pentol,.tapi jangan menggunakan shape,..gunakan path,..kemudian ubah menjadi seleksi dengan menekan ctrl + enter,..
Supaya nggak terlalu tajam.. Bisa mengaktivkan feather,..gunakan seperlunya,.ane biasa menggunakan sekitar 0,7
Kemudian fill dengan menrekan ctrl + backspce.warna yang yang dihasilkan akan mengikuti warna pada background color di color picker.setelah selesai,.. Tekan ctrl + D untuk deselect.

3 shading
Sebenrnya disini nggak bisa terlalu ditentukan. Tapi ini cara mudah yang biasa ane gunakan.. Pertama warna dasar,..seperti terlihat di gambar 1,.. Ane milih warna ijo,..untuk shading..kitabbisa menggunakan warna hijau yang mendekati hitam.sefangkan untuk highlightnya,..bisa menggunakan hijau yang mendekati putih,.. Pilih warna terang kearah sudut kiri atas coor picker,.karena warna disudut kanan.. Memiliki saturation yang ebih tinggi,..dan biasanya,..hasil warnanya jadi ngejreeng,..jreenngg,..wkwk
Setelah warnanya dipilih,..sapukan perlahan seperti terlihat pada gambar 2,..disitu ane menggunakan opacity dan flow sekitar 40 - 20
Kenapa menggunakan opaciy dan flow rendah,..supaya pada saat menyapukan brush,..itu warnanya nggak langsung full,..
Jadi untuk membuat warna gelap,..ini akan gelap secara perlahan tergantung berapa kali kita menyapukan brush,.dan berapa opacity bruh.begitu juga untuk daerah yang ingin dibuat terang.
Disini ane biasa menggunakan brush "painting brush #5,.bo 53.
Ini adalah softround brush yang udah ane modifikasi supaya pas ama tangan ane pacman emotikon

4 : menghaluskan
Hasilnya adaah gambar 3,.. Disini ane menggunakan brush yang sama. Hanya menggunakan opacity yang lebih rendah. Sekitar 20 - 20.. Atau 15 15,...
Caranya.. Pertama tekan alt dan klik untuk memilih sample warna,..kemudian sapukan.
Misalnya di bagian warna gelap,.pilihh warna gelapnya dulu,.. Kemudian sapukan.. Baru pilih warna terang.. Dan sapukan untuk hasil yang diinginkan.. Kalo kelewatan pilih lagii warna gelapna,.kemudian sapukan.. Sampe bagian yang tadi kelewatan jadi paass,...
Untuk hasil yang lebih lembut,.bisa menggunakan softroun dengan harnes 0.. Tapi ini cuma ane gunakan untuk painting skin... Untuk pakaian..bg,.. Dll,..biasanya nggak pernah di haluskan.. Karena digipaint biasanya nggak rapi rapi amat,.. Wkwk
Selanjutnya tinggal tergantung kreativitas masing masing,..misalnya menambahka hiasan lainnya supaya erlihat lebih baik,.. Seperti pada gambar 5 dan 6
Warnai,..warnai,..dan warnai sampe puas,..


Tutorial diatas ditulis oleh master Ion ART beliau
Tinggal di Airmolek, Riau, Indonesia
Dari Airmolek, Riau, Indonesia
Facebook :  ION ART


1 komentar:


Top